FORMAT PROPOSAL PTK

FORMAT PROPOSAL PTK

 

I.          Judul Penelitian

 

            1. Singkat, jelas dan spesifik

            2. Mengandung solusi, hal positif yang diharapkan, obyek, dan lokasi penelitian (sesuai rumusan masalah).

            3. Dengan kata benda (Peningkatan….., Pengembangan…., Efektivitas….,….,….)

 

II.        Pendahuluan

 

A.     Latar Belakang Masalah

 

Deskripsi latar belakang diangkatnya masalah menjadi PTK, berisi antara lain:

1.      Deskripsi adanya masalah atau kesenjangan yang diharapkan dan kenyataan berkaitan dengan pembelajaran di kelas.

2.      Bukti-bukti yang mendukung adanya kesenjangan (deskripsi tentang  apa yang sudah terjadi, yang sudah dicapai, yang belum sesuai dengan yang diharapkan).

3.      Identifikasi akar masalah dan kemungkinan penyebabnya.

4.      Pembatasan masalah: kalau tidak akan diteliti seluruhnya, yang mana yang dipilih, apa alasannya.

 

B.     Pemecahan Masalah

 

1.      Deskripsi alasan (latar belakang) pemilihan solusi (secara garis besar, dikaitkan dengan faktor penyebabnya, belum toeri lengkap. Teori lengkap diuraikan dalam Bab III Kajian Pustaka).

2.      Pernyataan tentang pemecahan masalah yang dipilih, sesuai alasannya.

 

C.     Perumusan Masalah

 

1.      Dalam bentuk pernyataan.

2.      Tersirat subyeknya, alternatif solusi, hasil positif yang diharapkan, subyek penelitian, dan alokasi penelitian (sesuai judul).

 

D.     Batasan Pengertian dan Asumsi

(Bila diperlukan, untuk menghindari multi tafsir. Bila tidak perlu, bagian ini dihilangkan).

 

E.     Tujuan Penelitian

 

1.   Khusus (yang akan dicapai dengan penelitian itu).

2.   Minimal: tujuan utama (pokok), yang berkaitan langsung dengan perumusan masalahnya.

3.   Boleh ada tujuan ikutan: tidak berkaitan langsung dengan rumusan masalah, tetapi berkaitan dengan tujuan utama.

 

F.      Manfaat Penelitian

 

1.   Apa manfaat atau kontribusi dari hasil penelitian yang sudah dilakukan untuk (a) peneliti sendiri, guru lain, siswa, dan sekolah.

2.   Dapat dibedakan: a. Manfaat akademis: berkaitan dengan pengetahuan   atau wawasan.

                                  b. Manfaat praktis: berkaitan dengan praktik pembelajaran

3.   Disebutkan yang reilistis, spesifik, tidak perlu banyak, tidak mengada-ada.

 

III.       Kajian Pustaka

 

·        Kajian teoritis berkaitan dengan ubahab, tindakan, dan hasil yang diharapkan, yang menunjukan: wawasan peneliti, dan penguasaan masalah.

·        Relevan dengan masalah, tidak terlalu jauh, tidak perlu hal-hal yang tidak berkaitan dengan masalah atau ubahan.

·        Kerangka berfikir atau landasan perumusan hipotesis tindakan.

·        Perumusan hipotesis tindakan.

 

IV.       Metodologi Penelitian

 

A.     Seting (subyek, waktu, dan lokasi penelitian)

 

B.     Prosedur Penelitian

 

1.  Persiapan: Identifikasi masalah,analisis materi pembelajaran, penyusunan silabus, RPP, instrumen pengumpulan data.

 

2.  Rencana Tindakan

a.       Siklus I (….pertemuan,….JP)

·        Rencana tindakan

·        Pengumpulan data: data yang diperlukan, indikatornya, prosedur pengumpulan data, dan instrument (cukup disebutkan jenisnya ditunjuksn pada lampiran …. halaman ….)

·        Rencana Refleksi

·        Rencana Analisis Data: kondisi awal, kriteria, metode analisis (untuk mengetahui kondisi setelah kegiatan)

·        Menarik kesimpulan.

 

b.   Siklus II (…. pertemuan … JP)

·        Rencana tindakan

·        Pengumpulan data: data yang diperlukan, indikatornya, prosedur pengumpulan data, dan instrument (cukup disebutkan jenisnya ditunjuksn pada lampiran …. halaman ….)

·        Rencana Refleksi

·        Rencana Analisis Data: kondisi awal, kriteria, metode analisis (untuk mengetahui kondisi setelah kegiatan)

·        Menarik kesimpulan.

 

V.        Daftar Pustaka

 

VI.       Lampiran-Lampiran

·        Silabus

·        RPP

·        LKS

·        Instrumen Penelitian (lengkap)

Format (Sistematika) Laporan PTK

 

            Seperti halnya pada sisitematika proposal, belum (tidak) ada ketentuan tentang satu format laporan PTK baku yang harus diikuti. Beberapa contoh sistematika laporan PTK terlampir. Meski ada perbedaan sistematika, tetapi hal-hal pokok yang harus ada dalam laporan kurang lebih sama. Dengan kata lain esensinya sama.

            Salah satu model laporan PTK, seperti halnya laporan penelitian pada umumnya, laporan PTK terditi dari komponen-komponen usulan ditambah pelaksanan, hasil penelitian, pembahasan, kesimpulan dan saran, dilengkapi dengan lembar-lembar yang dibutuhkan (Lembar Jdul, Lembar Perssetujuan Pembimbing, Lembar Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, dan Daftar Tabel). Untuk keperluan laporan PTK sebagai tugas akhir program, abar format laporan kurang lebih sama, diusulkan menggunakan format berikut. Perubahan dapat saja bila dikehendaki oleh pembimbing.

 

Lembar Judul Penelitian

Lembar Persetujuan Pembimbing

Lembar Pengesahan (Panitia Penguji dan Dekan)

Abstrak

Kata Pengantar (Ucapan Terima Kasih)

Daftar Isi

Daftar Gambar (kalau ada)

Daftar Tabel (kalau ada)

 

BAB I.                   PENDAHULUAN

BAB II.                  KAJIAN PUSTAKA

BAB III.                 METODOLOGI PENELITIAN

BAB IV.                PELAKSANAAN PENELITIAN

BAB V.                  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB VI.                KESIMPULAN DAN SARAN

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

Penjelasan

 

BAB I s.d III:   diambil dari proposal (Bila kajian teori TERLALU panjang dapat disederhanakan, tanpa menghilangkan esensinya).

 

BAB IV.    PELAKSANAAN PENELITIAN

                  Deskripsi pelaksanaan kegiatan setiap siklus, yang berisi:

·        Rancangan kegiatan

·        Pelaksanaan kegiatan (hal-hal khusus yang terjadi dalam pelaksanaan)

·        Hasil pengukuran (data)

·        Refleksi

·        Hasil analisis data

·        Kesimpulan: hasil, kesimpulan, keputusan siklus bersangkutan.

Keputusan: siklus dihentikan atau dilanjutkan.

 

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

·        Rangkuman dari hasil setiap siklus sesuai dengan rumusan masalah dan tujuannya.

·        Rangkuman hasil refleksi setiap siklus: kendalanya, kesulitannya, masalah yang muncul, kualitas prosesnya, aspek posotifnya, aspek negatifnya.

·        Mengkaji, mengkritisi, mencermati apa yang sudah dilaksanakan dan hasilnya, kelemahan (kekurangan), kelebihan, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan dan hasilnya, berkaitan proses, media, dan metodenya. Hasil pembahasan digunakan sebagai bahan untuk memberi saran.

 

BAB VI.    KESIMPULAN DAN SARAN

·        Kesimpulan: kesimpulan umum (tidak lagi setiap siklus) sesuai dengan rumusan masalah dan tujuannya.

·        Saran: saran bagi guru, peneliti lain, sekolah berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya. Saran tidak sekedar menyebut yang bagus-bagus, harus berdasarkan pembahasan dan/atau hasil penelitian, dapat berkaitan dengan penelitian selanjutnya dan/atau pembelajaran.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s