PIKIRAN KRITIS ANAK

Suatu hari, seorang anak ikut orangtuanya bertamu ke rumah rekannya. Di sana dia disuguhi sebungkus permen. “Kamu boleh mengambil permen ini”, kata si pemilik rumah. Ayo, silakan diambil, diambil! Ambillah dengan kedua tanganmu, supaya kamu dapat banyak, ya? Namun si anak diam saja sambil menatap permen itu. Si orangtua mulai gusar dan meminta anaknya untuk mengambil permen itu dengan kedua tangannya. “Ayolah, Nak ambillah permen itu!” Namun kembali si anak tetap diam sambil menatap permen-permen tadi. Sampai akhirnya si tuan rumah mengambilkan permen itu dengan kedua tangannya sendiri. “Ya sudah, ini saya ambilkan buat kamu!”, katanya.

Sesampainya di rumah si orangtua tadi kecewa dan mengeluh. Sambil mengomel dia berkata, “Dasar kamu ya, cuma diminta ambil permen saja tidak berani!” Mau jadi apa kamu nanti? Namun di luar dugaan anaknya tiba-tiba menjawab, “Mama aku bukan tidak berani mengambil permen tadi, tapi aku ingin mendapatkan permennya lebih banyak. Tanganku kecil sedangkan tangan tante tadi jauh lebih besar. Jadi aku tunggu saja biar dia mengambilkan untukku!”

Begitulah kita para orangtua, seringkali menghakimi anak kita dengan asumsi dan juga persepsi-persepsi kita yang seringkali sangat dangkal. Padahal di balik semua perilaku anak kita seringkali terdapat alasan yang luar biasa hebat, dan kritis. Sampai terkadang membuat kita berdecak kagum. Kok bisa ya? Anak sekecil ini berpikir sekritis itu? Nah, mari kita berhenti untuk menghakimi anak-anak kita. Melainkan tanyalah, mengapa mereka melakukan ini atau melakukan itu. Kelak kita akan dibuat terkagum-kagum dengan jawaban si kecil kita nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s