SYNTAX MODEL PEMBELAJARAN FIND SOMEONE WHO DARI Dr. SPENCER KAGAN

v\:* {behavior:url(#default#VML);} o\:* {behavior:url(#default#VML);} w\:* {behavior:url(#default#VML);} .shape {behavior:url(#default#VML);}

Normal 0 false false false false EN-US X-NONE X-NONE

 

/* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,”sans-serif”; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

 

                   Satuan Pendidikan         : SDNSumbersari 1 Kota Malang

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester               : IV/1 (Gasal)

Alokasi waktu                 : 2 x 35menit

            Standar Kompetensi       :5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan

     antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

             Kompetensi dasar          :5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas   

                                                        (simbiosis) dan hubungan  makan dan dimakan antar

                                                    makhluk hidup (rantai makanan)

I.      Indikator:

1.      Siswa dapat Menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme

2.      Siswa dapat Mampu mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut

 

II. Tujuan Pembelajan

1.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menyebutkan contoh simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme

2.      Melalui pemberian tugas siswa dapat mengidentifikasi tumbuhan sebagai produsen, dan hewan herbivora sebagai konsumen I serta karnivora sebagai konsumen II

3.      Melalui diskusi siswa dapat mengambarkan rantai makanan di sawah, di kebun dan di laut

 

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian (respect ), Tekun ( diligence ) , Jujur ( fairnes )  dan  Ketelitian ( carefulness)

 

III. Materi Pokok:

        1. Penggolongan Hewan

        2. Rantai Makanan.

IV. Metode/ Model Pembelajaran:

1.    Find Someone Who

2.    Tanya jawab

3.    Diskusi

4.    Tugas

 

V. Skenario Pembelajaran

 

NO

KEGIATAN

WAKTU

METODE/ MODEL

Pendahuluan

Motivasi dan Apersepsi:

o   Guru mengucapkan salam, doa dan presensi

o   Guru menyampaikan apersepsi dengan menunjukkan foto-foto /gambar-gambar Tumbuhan dan Hewan (misalnya: Harimau).

o   Tanya jawab secara lisan, misalnya:

·         Gambar apa ini?

·         Apa makanan hewan pada gambar ini?

·         Dimana tempat hidup hewan pada gambar ini?

5 menit

Tanya Jawab

Kegiatan Inti

o   Siswa memperhatikan penjelasan singkat dari guru tentang peran siswa sebagai produsen, konsumen I dan konsumen II dalam rantai makanan.

o   Siswa mengambil kertas kerja dan menyebar dalam kelas untuk mencari seseorang yang bisa dijadikan partner atau pasangannya.

o   Bersama pasangannya bergabung dengan pasangan lain untuk membentuk kelompok rantai makanan.

o   Masing-masing pasangan melakukan tanya jawab dengan cara: partner A mengajukan pertanyaan dari kertas kerja; partner B menjawabnya. Partner A menulis jawaban partner B pada kertas kerjanya sendiri dan memberi pujian atas jaaban yang betul dengan kata “ That’s right atau very good atau great”.

o   Partner B mengecek dan memberi paraf pada jawabannya yang ditulis partner A

o   Partner B mengajukan pertanyaan dari kertas kerja; partner A menjawabnya. Partner B menulis jawaban partner A pada kertas kerjanya sendiri dan memberi pujian atas jaaban yang betul dengan kata “ That’s right atau very good atau great”.

o   Partner A mengecek dan memberi paraf pada jawabannya yang ditulis partner B.

o   Sesama partner berjabat tangan, berpisah dan mengangkat tangannya untuk mencari partner baru sesama kelompok rantai makanan.

o   Bersama partner barunya, siswa mengulangi kegiatan saling bertanya jawab seperti yang telah dilakukannya dengan partner lamanya.

o   Ketika lembar kerja mereka selesai, para siswa dalam kelompok rantai makanan duduk. Pada saat duduk mereka akan dihampiri oleh kelompok rantai makanan lain sebagai nara sumber.

o   Dalam kelompok rantai makanan, siswa membandingkan jawaban tentang susunan rantai makanan yang dibentuk. Semua anggota kelompok yang terdiri dari empat siswa boleh mengajukan pertanyaan jika ada sesuatu ang salah atau ragu-ragu tenang susunan rantai makanan yang dibentuk oleh kelompok lain.

40 menit

Find Someone Who

Kegiatan Penutup

o   Dalam kegiatan penutup, guru:            

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan bahwa rantai makanan tersusun dari produsen konsumen I dan konsumen II.

o   Evaluasi:

Siswa mengerjakan soal evaluasi secara individu.

o   Refleksi:

Guru menanakan perasaan siswa setelah mendapat pelajaan dengan model pemblaaran Find Someone Who.

o   Pekerjaan Rumah

Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem lain.

25     enit

 

VI.  Alat dan Sumber Bahan

1.        Foto/gambar-gambar tumbuhan, hewan dan susunan rantai makanan

2.        Heri Sulistyanto, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD Kelas IV.     Jakarta:  Pusat Perbukuan Deparemen Pendidikan Nasional.

VII. Penilaian

1.        Teknik Penilaian     : Non tes dan tes

2.        Jenis Penilaian        : Penilaian tertulis, unjuk kerja, dan produk

3.        Bentuk Tes             : Pilihan ganda, uraian.

 

 

                                                                                                  Malang, 6September  2012

                                                                                                 Guru MAPEL IPA

 

 

 

                                                                                                ABDUL HAFI, S.Pd

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RANGKUMAN MATERI

 

 

Ø  Hubungan antarmakhluk hidup yang saling menguntungkan

disebut simbiosis mutualisme.

Ø  Hubungan antarmakhluk hidup yang salah satunya dirugikan

disebut simbiosis parasitisme.

 

 

 

 

Ø  Hubungan antarmakhluk hidup dimana yang satu diuntungkan

sedang yang lainnya tidak diuntungkan atau dirugikan disebut

simbiosis komensalisme.

Ø  Rantai makanan adalah peristiwa makan dan dimakan yang

terjadi pada makhluk hidup.

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR KERJA SISWA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                  

       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                        NAMA           : ____________________

 

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban

yang benar!

1. Hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup danlingkungannya disebut ….

a. simbiosis                                                 c. ekosistem

b. rantai makanan                                       d. parasitisme

2. Yang tidak termasuk macam simbiosis adalah ….

a. simbiosis mutualisme                              c. simbiosis komensalisme

b. simbiosis komunitasisme                        d. simbiosis parasitisme

3. Disebut apakah hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak?

a. simbiosis mutualisme                              c. simbiosis komensalisme

b. simbiosis komunitasisme                        d. simbiosis parasitisme

4. Kutu yang hinggap di tubuh hewan dan menghisap darah hewan yangdihinggapinya

seperti kerbau, merupakan contoh dari simbiosis ….

a. mutualisme                                              c. komensalisme

b. komunitasisme                                        d. parasitisme

5. Ekosistem alam di darat dengan anggota terbanyak adalah ….

a. sawah                                                      c. kebun

b. hutan                                                       d. danau

6. Hubungan antara kupu-kupu dengan tanaman berbunga merupakansimbiosis ….

a. mutualisme                                              c. komensalisme

b. komunitasisme                                        d. parasitisme

7. Makhluk hidup yang tergolong pengurai adalah ….

a. belalang               b. ular                          c. katak            d. jamur

8. Yang termasuk ke dalam ekosistem buatan adalah ….

a. danau                                                      c. laut

b. sungai                                                     d. kebun

9. Hewan yang memakan produsen atau tumbuhan disebutkonsumen ….

a. tingkat III                                             c. tingkat I

b. tingkat II                                               d. tingkat IV

10. Padi dapat membuat sendiri makanannya, maka padi disebut ….

a. konsumen                                              c. produsen

b. ekosistem                                              d. komunitas

KUNCI JAWABAN

1.A

2. B

3. A

4. D

5. B

6. A

7. D

8. D

9. C

10. C

 

 

                                                        PENILAIAN

 

Pilihan ganda skor tiap soal 1, jumlah skor 10

Skor maksimal 10

– Nilai akhir = x 100

– Misal Perolehan Skor 9, maka Nilai Akhir = x 100 = 90

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FORMAT KRITERIA PENILAIAN   

  

&  Produk ( hasil susunan rantai makanan )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep

* semua benar

* sebagian besar benar

* sebagian kecil benar

* semua salah

4

3

2

1

 

 

&  Performansi (permainan peran siswa)

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

3.

Pengetahuan

 

 

Praktek

Sikap

* Pengetahuan

* kadang-kadang Pengetahuan

* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek

* kadang-kadang aktif

* tidak aktif

* Sikap

* kadang-kadang Sikap

* tidak Sikap

4

2

1

4

2

1

4

2

1

 

 

 

&   LEMBAR PENILAIAN

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah

Skor

Nilai

Pengetahuan

Praktek

Sikap

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

CATATAN :

@Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

 

 

                                                                                       

REFLEKSI

 

 

Cloud Callout: Bagaimana pelajaran hari ini?

Senang sekali

Tidak senang

Bingung sekali

Biasa saja

Alasan :

…………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………..

…………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

express smileexpress thinkexpress sad1express laugh3ASOB009

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cloud Callout: Teman-teman  mari kita lakukan tanya jawab, bergantian</p>
<p>                                           Worksheet Find-Someone-Who

 

cards playing coup

Plaque: Here is my answer<br />
Right or wrong?</p>
<p>Nama 					Paraf</p>
<p>________				     _________</p>
<p>1.	_______________________________________<br />
2._______________________________________<br />
 3. _______________________________________</p>
<p>…………………………………………………………………………………………………………………<br />

Text Box: Tempelkan Fotomu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s